Kutipan datasheet 1N4001 sampai 1N4007

Dua kaki

Dua kaki dalam engineering adalah ketaatan/kepatuhan dan kreativitas. Salah satu perwujudan kaki ketaatan/kepatuhan adalah ketaatan/kepatuhan terhadap batas-batas kemampuan operasi komponen/peralatan seperti yang telah diungkapkan pabrikan/produsen di dalam dokumen-dokumen yang mereka keluarkan. Misalnya dokumen-dokumen yang tergolong ke salah satu dari datasheet/user manual/user’s manual/user guide. Tanpa ketaatan/kepatuhan maka besar kemungkinan terjadi kegagalan komponen/sistem, mendatangkan bahaya dan kerugian. Kreativitas dan imajinasi yang mengabaikan ketaatan/kepatuhan terhadap kondisi riil komponen (seperti yang telah disampaikan oleh produsen) hanya akan mendatangkan kegagalan dan bahaya. Oleh karena itulah ada bagian dari proses pendidikan yang melatih sungguh-sungguh kemampuan ketaatan/kepatuhan terhadap arahan dan aturan agar terbiasa untuk menaati batasan-batasan teknis.

Dalam dokumen datasheet umumnya terdapat banyak data dan informasi yang tidak serta-merta dibutuhkan pada saat yang sama oleh seorang pengguna. Tetapi tersedia untuk sewaktu-waktu dapat diacu saat diperlukan. Salah satu bagian terpenting yang seringkali perlu untuk sangat diperhatikan adalah bagian maximum rating/absolute maximum rating. Karena bagian ini bukan hanya memberikan keterangan yang membantu menjamin komponen dapat berfungsi tetapi juga membantu menjamin keselamatan komponen, sistem dan nyawa.

Dari contoh-contoh berikut, pelajar/mahasiswa diharapkan dapat secara mandiri menemukan dokumen aslinya di Internet. Kemudian dapat mengembangkan skill pencarian informasinya dengan mencari datasheet yang lain untuk komponen sejenis. Lalu berlatih untuk mampu mencari datasheet dari komponen dari jenis yang lain.

Berikut adalah contoh kutipan beberapa parameter penting dari diode 1N4001 sampai 1N4007:




 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *