Sumber belajar gratis untuk sistem Arduino

Pembaruan terakhir: 26 Mei 2022

Dalam lingkup elektronika daya (power electronics), sering diperlukan pengaturan untuk komponen akhir pengendali daya. Komponen seperti transistor atau thyristor memerlukan pengaturan kapan waktunya hidup (on) dan kapan waktunya mati (off). Pengaturan ini bisa dilakukan melalui komponen analog (seperti opamp) atau comparator maupun digital. Untuk komponen/sistem digital, pengaturan dapat dilakukan dengan IC gerbang logika digital, mikroprosesor, atau mikrokontroler.

Arduino adalah salah satu sistem yang umumnya dipergunakan dengan menggabungkan software dan salah satu hardware Arduino (atau yang kompatibel). Sekalipun perangkat lunak Arduino IDE dapat dipakai untuk keperluan hardware sistem lain, sebagai awal belajar sering kali lebih mudah untuk memilih mempergunakan perangkat keras Arduino (orisinal atau yang kompatibel). Misalnya Arduino Uno, Arduino Nano, atau Arduino Mega, yang sudah banyak tersedia dan dijual dengan harga yang relatif murah.

Dahulu, mempelajari Arduino merupakan suatu tantangan bagi mahasiswa. Sumber belajar masih sedikit dan umumnya dalam bahasa asing (bahasa Inggris). Sekarang saat artikel ini ditulis, sudah beberapa tahun belakangan banyak sekali ditemui sumber belajar dalam bahasa Indonesia. Formatnya pun cukup beragam, dari halaman HTML di web site, file-file PDF (termasuk eBook yang sercara legal memang gratis), sejumlah besar video tutorial di YouTube dan Vimeo. Yang diperlukan adalah kemauan, sumberdaya waktu, perangkat, dan koneksi Internet yang memadai.

Beberapa tahun belakangan ini, dengan sejumlah besar sumber panduan yang sudah tersedia, kemauan belajar adalah faktor terpenting.


Berikut di bagian ini disampaikan beberapa sumber yang dapat dipakai untuk mempelajari Arduino (dalam bahasa Indonesia):

  1. Basic Arduino #1 (oleh Zamisyak Oby).
    Download.
    Download “Jagoan Arduino”.
  2. Panduan Belajar Arduino Untuk Pemula (oleh Ajang Rahmat)
    Download.
  3. Belajar Arduino From Zero To Hero, Jilid 1 (oleh Giri Wahyu Pambudi, S.Pd).
    Download.
  4. Panduan Praktis Arduino untuk Pemula (oleh Hari Santoso).
    Download  atau download.
  5. Pengenalan Arduino (oleh Muhammad Hasan Abdul Malik).
    Download.

Di bagian berikut ini sudah disediakan tautan ke sejumlah video yang dikumpulkan ke dalam satu playlist di YouTube. Kesemuanya adalah panduan belajar dengan bahasa pengantar bahasa Indonesia. 


Ada banyak sumber belajar lain di Internet, misalnya situs-situs yang halamannya berisi contoh-contoh proyek Arduino. Situs-situs seperti itu dapat ditemukan dengan menggunakan mesin pencari seperti Google, Bing, Duck Duck Go. Yang diperlukan adalah kata-kata kunci yang tepat yang bisa didapatkan dari bahan-bahan yang sudah dicantumkan di bagian sebelumnya.


 

Leave a Reply

Your email address will not be published.