Menangani arus yang lebih besar pada IC pengendali tegangan listrik

Komponen seperti LM7805, MC7812, LM7912 dan AMS1117 seperti juga IC lainnya tentu saja memiliki keterbatasan kemampuan penghantaran arus listrik, atau lebih tepatnya kemampuan penangan daya (power handling). Hal ini berkaitan dengan keterbatasan kemampuan untuk menyalurkan panas yang dihasilkan dari proses pengaturan tegangan listrik. Kemampuan handling arus (thermal dan daya secara keseluruhan) bisa dilihar di masing-masing datasheet, misalnya datasheet untuk LM7805 ini.

Salah satu cara mudah untuk mengurangi panas yang dihasilkan oleh IC regulator tersebut adalah dengan membagi arus listrik yang akan menuju ke beban. Jika awalnya arus tersebut secara keseluruhan harus melewati IC regulator maka designer dapat mengalihkannya sebagian dengan menggunakan komponen lain. Misalnya (dan umumnya) adalah dengan menggunakan komponen BJT (NPN dan PNP).  Transistor dalam penggunaan ini biasa disebut sebagai “pass transistor“. Dengan mengkombinasikan kata-kata kunci tersebut dengan nama IC regulator di mesin pencari maka kita akan menemukan cukup banyak contoh dan referensi penggunaan konfigurasi serupa.

Untuk mempelajari dan dapat melakukan uji skenario what-if dengan lebih cepat dan lebih mudah, maka simulator SPICE dan turunannya bisa dipergunakan. Berikut ada beberapa contoh yang bisa dilihat.

Gambar 1. Simulasi menggunakan TINA-TI

Gambar 2. Simulasi pass transistor menggunalan LTspice

Gambar 3. Simulasi pass transistor dengan BJT PNP TIP2955

Gambar 4. Parallel pass transistor

Gambar 5. Hasil simulasi dari rangkaian pada Gambar 4

Gambar 6. Pass transistor menggunakan NPN (TIP3055)

Gambar 7. Hasil simulasi dari rangkaian pada Gambar 6

Keterangan lebih lanjut dan pengaturan nilai resistor dapat juga dipelajari di datasheet dari masing-masing produsen. Dari simulasi seperti ini pula, perancang dapat memperoleh gambaran bagaimana (dengan model komponen yang tersedia) nilai resistor untuk mengaktifkan pass transistor dapat berbeda dari hasil perhitungan manual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *