Outseal PLC untuk ELDA TA SKRIPSI [log]

Untuk keperluan pengendalian aliran energi listrik, ada beberapa cara/metode yang bisa dipergunakan. Mulai dari yang disebut sebagai cara konvensional sampai cara yang dianggap modern. Mulai dari pengendali dengan komponen diskrit sampai papan sistem atau bahkan IPC.

Salah satu produk lokal yang cukup baik untuk dipergunakan sebagai alat bantu pembelajaran maupun untuk penerapan komersial adalah Outseal, yang terdiri dari hardware dan software. Untuk perangkat lunak, program PC Windows ini bahkan bisa dipakai untuk melakukan pemrograman di sistem papan Arduino Nano, Arduino Uno, atau Arduino Mega. Karena memang hardware Outseal sampai saat artikel ini ditulis memang masih berbasis pada papan sistem Arduino. Sebagai contoh, penelitian untuk skripsi yang kemudian di-publish di jurnal menggunakan software Outseal untuk membantu melakukan pemrograman di sistem papan Arduino generic yang umum dijual.

Untuk yang tidak memiliki PC (termasuk laptop) dengan OS Microsoft Windows, cara termudah adalah dengan menggunakan software Arduino IDE untuk melakukan pemrograman di sistem dengan OS GNU/Linux. Ini bisa dilakukan jika terdapat hardware Outseal tetapi tidak terdapat akses yang mudah ke PC Windows.

Gambar 1.

Misalnya di Gambar 1 adalah hardware Outseal versi lama yaitu Outseal PLC Nano v.4 yang telah diprogram menggunakan Arduino IDE di laptop dengan OS GNU/Linux Mint. Mengapa ini perlu dilakukan? Jawaban paling mudah adalah karena alatnya sudah tersedia untuk terus dimanfaatkan. Alat Outseal yang terlihat di Gambar 1 telah dimiliki beberapa tahun dan masih berfungsi baik. Jawaban lain yang lebih baik adalah karena sistem alat hardware ini memang telah dirancang dengan antarmuka elektronik yang lebih baik dari sistem papan Arduino dasar. Misalnya, di sistem papan ini sudah dilengkapi dengan optoisolator (optocoupler) yang membantu pengamanan lebih terhadap potensi kesalahan (V.4).

Informasi pembanding mengenai ini bisa dicari dengan mudah di Internet. Antara lain dengan mencari informasi mengenai Controllino, Industrial Shields, Industruino atau bahkan PLDuino.

 

Sumber Belajar untuk TA/Skripsi

Selain manfaat langsung dari software maupun perangkat hardware, dokumentasi Outseal PLC ini pun (yang dalam bahasa Indonesia) dapat menjadi sumber belajar yang cukup baik untuk TA/skripsi. Sekalipun tidak ideal, dokumentasi yang dibuat baik untuk menjadi bahan belajar untuk pengembangan sistem elektronik bahkan seandainya pun tidak membahas mengenai PLC.

Buku file Panduan Dasar Outseal PLC mendokumentasikan sebagian evolusi pengembangan hardware Outseal, sesuatu yang bisa dijadikan pelajaran bagi siapa saja yang sedang menjalani proses yang hampir serupa.  Terutama mengenai bagaimana perancangan suplai energi listrik untuk suatu sistem elektronik dilakukan dengan baik.

Semua file dokumentasi dapat bebas diunduh di situs Outseal PLC. Sayangnya beberapa versi terdahulu tidak begitu mudah untuk ditemukan. Sebagai cadangan, folder yang berisi dokumentasi Outseal sudah saya tempatkan juga untuk public di server Mega.

Gambar 2. [Sumber]

Leave a Reply

Your email address will not be published.