Daftar beberapa buku tentang penelitian untuk membantu pengerjaan TA/skripsi

Umumnya, bagian akhir proses pembelajaran di perguruan tinggi termasuk politeknik adalah tugas akhir atau skripsi. Di beberapa tempat proses itu bisa dinamai secara berbeda, misalnya sebagai proyek akhir (final project). Untuk dapat mengerjakannya dengan baik, diperlukan beberapa pengetahuan tambahan di luar pokok keilmuan utama bidang yang sudah dipelajari saat kuliah.

Untuk bidang engineering technology, berarti selain berusaha memahami ilmu-ilmu rekayasa (engineering) yang diperlukan, perlu juga untuk  mempelajari mengenai bagaimana tugas akhir/skripsi sebaiknya dikerjakan. Biasanya yang dijadikan acuan langsung bagi mahasiswa adalah panduan penulisan proposal dan laporan tugas akhir/skripsi. Tetapi, sebenarnya perlu juga mempelajari bagaimana suatu penelitian dilakukan, khususnya untuk bidang engineering/enginering technology. Terutama sekali untuk mahasiswa yang akan mengerjakan tugas akhir/skripsi dengan bahasan utama yang berkaitan erat atau bahkan merupakan bidang bahasan ilmu Elektronika Daya/Power Electronics.

Penting untuk diingat bahwa ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam rangkaian pengerjaan tugas akhir/skripsi. Yang pertama adalah kedudukan politeknik sebagai bagian dari Perguruan Tinggi Vokasi (PTV), yang berarti memiliki perbedaan pembelajaran bila dibandingkan dengan perguruan tinggi umum (akadmemik). Yang kedua adalah penjenjangan di dalam PTV, untuk jenjang D3 (KKNI tingkat 5) akan berbeda dengan S1 Terapan (D4, KKNI tingkat 6). Mengenai kedua hal ini telah cukup banyak saya kutip dan sajikan di situs ini. Keduanya perlu diingat saat mempelajari sejumlah bahan bacaan yang akan disampaikan berikut ini.

Buku-buku metodologi penelitian dan sumber lainnya mengenai tata cara penelitian telah banyak tersedia. Mulai dari bidang yang luas (umum) sampai ke sumber belajar yang membahas lebih spesifik ke bidang rekayasa (engineering). Salah satu tantangannya adalah bagaimana menemukan sumber-sumber yang sesuai untuk mahasiswa bidang teknik elektro yang merupakan bagian dari rumpun ilmu teknik (rekayasa/engineering ), terlebih lagi yang sesuai untuk yang berkuliah di perguruan tinggi vokasi. Karena itu dari sumber-sumber berikut ini pun, tetap perlu mengingat dan mengacu pada kedua hal yang disebutkan di paragraf sebelumnya.

Sumber-sumber berikut ini saya susun berdasarkan kepentingan dari sudut pandang mahasiswa, bukan sudut pandang yang lain. Untuk penggunaan saya sendiri, urutannya bisa jadi sesekali berbeda. Begitu pula tidak berarti semua sumber ini harus dibaca semua dan dilakukan dari sampul depan lengkap sampai ke sampul belakang. Untuk buku-buku dalam bahasa asing, saya cari yang umum dipakai di sejumlah perguruan tinggi tetapi juga tersedia secara digital di aplikasi Kindle.

  1. Sugiyono, Metode Pengelitian & Pengembangan. Yogyakarta: ALFABETA, 2022.
  2. Imam Robandi, Becoming the Winner. Penerbit ANDI, 2008.
  3. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Yogyakarta: ALFABETA, 2022.
  4. I. Stojmenovic, “Editor’s Note: How to Write Research Articles in Computing and Engineering Disciplines,” IEEE Trans. Parallel Distrib. Syst., vol. 21, no. 2, pp. 145–147, Feb. 2010, doi: 10.1109/TPDS.2010.12. [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.1109/TPDS.2010.12
    + https://www.computer.org/csdl/journal/td/2010/02/ttd2010020145/13rRUxD9gXd
  5. D. Deb, R. Dey, and V. E. Balas, Engineering Research Methodology: A Practical Insight for Researchers (Intelligent Systems Reference Library Book 153), 1st ed. Springer, 2018.
  6. D. V. Thiel, Research Methods for Engineers, 1st ed. Cambridge University Press, 2014.
  7. R. Kumar, Research Methodology: A Step-by-Step Guide for Beginners, 5th ed. SAGE Publications Ltd, 2018.
  8. C. Dawson, Introduction to Research Methods : A Practical Guide for Anyone Undertaking a Research Project, 5th ed. Robinson, 2019.
  9. P. S. Devi, Research Methodology : A Handbook for Beginners, 1st ed. Notion Press, 2017.
  10. W. C. K. Tan, Research Methods: A Practical Guide For Students And Researchers. World Scientific, 2017.
  11. W. C. Booth, G. G. Colomb, J. M. Williams, J. Bizup, and W. T. FitzGerald, The Craft of Research, 4th Edition, 4th ed. University of Chicago Press, 2016.

 

Untuk memudahkan tetapi tetap dalam batasan proporsional, saya menyarankan buku urutan pertama dari Prof. Sugiyono. Buku tersebut cukup lengkap untuk keperluan mahasiswa D3/D4 PTV. Meskipun jika memungkinkan sebaiknya juga membaca buku-buku asing di urutan berikutnya untuk mengetahui dan mewaspadai pembagian dan istilah-istilah yang umum dipergunakan di bidang penelitian secara global. Meskipun, Prof. Sugiyono di dalam bukunya tersebut telah cukup banyak mengutip dan merangkum berbagai sumber lain, termasuk dari sumber-sumber berbahasa asing. Pembandingan ini terutama karena pembahasan metode R&D, maka silakan dibandingkan dengan metode lain yang dibahas di buku-buku lain. Bagi saya sendiri, buku urutan pertama ini merupakan dasar utama saya untuk penelitian yang direncanakan akan dipublikasikan di Indonesia. Prof. Sugiyono adalah dosen senior, Guru Besar Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta.

Buku berikutnya adalah karya dari Prof, Imam Robandi, Guru Besar dari Departemen Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas, Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Dalam buku ini selain disampaikan mengenai dasar pemahaman mengenai riset, juga disampaikan beberapa contoh riil, sama halnya dengan buku Prof. Sugiyono.

Buku ketiga adalah buku yang juga ditulis oleh Prof. Sugiyono. Buku ini hanya perlu bagi yang ingin mengetahui metodologi penelitian dalam cakupan yang lebih luas yang ditulis dalam bahasa Indonesia. Jika hanya memerlukan pengetahuan untuk melakukan R&D, maka menurut hemat saya cukup menggunakan buku urutan pertama.

Urutan keempat adalah pengecualian dalam daftar ini, karena bukanlah buku melainkan sebuah editorial yang ditulis oleh Ivan Stojmenovic. Tulisan ini cukup baik untuk memperkuat sumber bacaan lain dalam daftar, berkaitan dengan penerapan dalam bidang ilmu teknik elektro secara luas (termasuk ilmu komputer).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.