Belajar pemrograman AVR (ATMEL playlist)

Mikrokontroler (microcontroller) adalah salah satu komponen pengendali yang dapat dipakai untuk mempelajari sistem elektronika daya. Pilihan lain misalnya adalah IC khusus {{1}} atau yang berkemampuan jauh lebih terbatas seperti IC 555. Mempelajari penggunaan mikrokontroler adalah proses alamiah mengingat disiplin ilmu ini adalah disiplin ilmu yang bersifat interdiscipline {{2}}. Di antara beberapa sumber belajar berupa audio-visual, salah satunya berasal langsung dari perusahaan pembuat mikrokontroler keluarga AVR yaitu ATMEL.

Pada playlist berikut dapat dipelajari beberapa aspek menarik yang sebenarnya sangat penting, selain tentang pemrograman komponen itu sendiri;

1.Datasheet

Dalam rangkaian tayangan video dapat dilihat Glen Nilsen (Global Training Program Manager) mengajarkan dan mencontohkan bagaimana seharusnya kita selalu mengacu pada datasheet. Terutama sekali jika kita dalam proses belajar atau tidak yakin sudah mengingat kumpulan fakta dalam datasheet dengan benar. Yang menarik adalah kalau dibandingkan dengan pilot dari penerbangan komersial, tampaknya bagi mereka prosedurnya agak lebih ketat {{3}}.

Bagi pelajar di bidang elektronika baik engineer / technologist / technician, bersedia belajar membaca dan mencu pada datasheet adalah sesuatu yang mutlak. Hanya karena sesekali kita selamat tanpa menggunakannya tidak berarti kita akan selamat seterusnya. Potensi kerusakan komponen dan sistem, bahkan bahaya pada nyawa manusia akan lebih besar kalau kita tidak bersedia mengacu pada datasheet. Jika semua faktor lain sama, maka kemampuan kita pun akan menjadi lebih terbatas bila dibandingkan dengan yang bersedia belajar dan mengacu pada datasheet.

Unsur pelatihan yang penting yang didapat dari proses membaca dan mengacu pada datasheet adalah pelatihan ketaatan / kepatuhan pada standar.  Umumnya (normalnya) standar teknis seperti yang tertuang dalam datasheet adalah standar yang benar-benar diperlukan, bukan abal-abal atau sekedar seremoni dan formalitas. Beberapa memang bersifat informatif, tetapi batasan seperti misalnya maximum rating akan berbahaya jika dilampaui. Ketaatan dan kepatuhan pada standar adalah kaki pertama dalam engineering (dan teknologi), kaki berikutnya adalah kreatifitas. Dalam video tutorial dari ATMEL berikut kita dapat melihat ada cara-cara tertentu yang harus diikuti agar mikrokontroler bekerja seperti yang kita kehendaki.

Dalam playlist berikut kita dapat melihat cara mengacu datasheet. Tidak semua bagian dari datasheet berguna pada tiap saat tertentu. Perusahaan pembuat komponen biasanya membuat datasheet untuk keperluan pengguna yang luas. Pengecualian biasanya dilakukan dengan membuat dua versi, satu versi singkat dan satu versi utuh. Beberapa datasheet dari mikrokontroler produksi ATMEL, dirilis dengan pengaturan seperti ini.

2.Tutorial

Yang juga menarik dan penting yang diajarkan dalam video dari ATMEL adalah bagaimana kita perlu belajar dari beberapa tutorial yang sudah diunggah di beberapa situs di Internet. Semakin banyak yang dapat melihat satu sajian informasi (seperti tutorial di beberapa situs) maka semakin besar kemungkinan orang akan melihat suatu kesalahan di dalamnya, jika memang ada. Karena itu perbaikan dapat lebih segera dilakukan. Beberapa tutorial menjadi favorit untuk diacu oleh banyak pihak (bahkan oleh beberapa pakar), sumber seperti ini layak untuk dipelajari.

Berikut adalah playlist Getting Started with AVR

Penggunaan YouTube Playlist

Video utama yang siap dimainkan ada di sebelah kiri. Di sebelah kanan adalah daftar video (playlist) yang dapat dipilih untuk dimainkan (di bagian kiri). Pada bagian bawah terdapat panel yang berisi beberapa icon.

Agar tidak mengganggu tampilan playlist di sebelah kanan dapat disembunyikan dengan menekan icon  yang memiliki tooltip “Toggle Playlist” (  ).

Untuk menyaksikan tayangan secara penuh (fullscreen) anda dapat melakukan klik pada icon  ), “Toggle Fullscreen”.

[ytp_playlist source=”PLtQdQmNK_0DRhBWYZ32BEILOykXLpJ8tP”] [[1]] Beberapa contoh dapat ditemui di news.sunupradana.info dengan kata kunci regulator  [[1]] [[2]] Diagram dasar mengenai elektronika daya (power electronics) sebagai interdisiplin dapat dilihat di sini. Contoh-contoh pembahasan penggunaan uC (mikrokontroler) dan embedded system lainnya di elektronika daya dapat dilihat di sini  [[2]] [[3]] Salah satu konfirmasi yang saya dapatkan: “We don’t memorize checklists. And neither should any pilot.”  link  [[3]]

sumber gambar: www.atmel.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *