DT COMBO AVR 51

Pada post sebelumnya, saya sudah membuat catatan mengenai sistem papan DST-51. Sedang pada post ini saya membuat catatan mengenai DT-COMBO AVR-51. Papan ini juga merupakan papan lama yang saya miliki saat belajar beralih dari arsitektur MCS-51 (seperti AT89C52/AT89S52) ke arsitektur Atmel AVR. Sebelum papan Arduino banyak tersedia dengan harga yang relatif terjangkau seperti sekarang ini, papan yang disebut minimum sistem adalah papan mikrokontroler yang tersedia untuk belajar. Peningkatan dari minimum sistem dengan beberapa pelengkap seperti DT-COMBO AVR-51, lebih memudahkan bagi mereka yang belajar.

Catatan ini saya buat karena sistem ini sudah semakin tua, dikhawatirkan manual akan semakin sulit ditemukan. Selain itu ada hack kecil hasil tinkering yang semakin memudahkan penggunaan sistem ini.

http://www.innovativeelectronics.com/innovative_electronics/images/DT-COMBO/DT-COMBO%20AVR-51.gifGambar 1. Penampakan asli [sumber]

Salah satu keunggulan papan seperti ini untuk belajar adalah sudah tersedianya komponen-komponen tambahan yang memudahkan proses belajar. Bahkan di tahap lanjutan juga akan mempermudah proses prototyping. Misalnya adalah keberadaan push-button dan LED, seperti yang terlihat di Gambar 1.

Gambar 2.

Papan DT-COMBO milik saya terlihat di Gambar 2. Ada dua hal yang saya kombinasikan di sistem itu, yang pertama adalah soket ZIF seperti yang juga terlihat di Gambar 3. Soket ini memudahkan proses untuk mengganti-ganti IC yang dipakai pada papan sistem, juga mengurangi kemungkinan (kaki) IC rusak pada saat bongkar-pasang di papan.

Gambar 3.

Gambar 4.

Pada Gambar 2, dan lebih jelas lagi pada Gambar 4, terlihat bahwa saya mempergunakan USBasp untuk melakukan pemrograman di papan sistem DT-COMBO (menggunakan header yang tersedia). USBasp bisa dibuat sendiri karena rancangannya telah sengaja disebarluaskan di Internet.

Gambar-gambar berikut saya kutip dari manual yang juga saya cantumkan link-nya di bagian bawah post ini.

Gambar 5. Port

Gambar 6.

 

Gambar 7.

Gambar 8.

 

Manual dan file-file untuk DT-COMBO AVR-51:

 

 

 

 

 

Posted in AVR and tagged , , , , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *