Cara mudah menguji papan STM32F103C8T6 menggunakan Arduino IDE

Mikrokontroler STM32103C8T6 adalah salah satu mikrokontroler keluarga STM32 (tepatnya STM32F10xxx) yang diproduksi oleh STMicroelectronics. Mikrokontroler ini adalah μC yang tergolong sebagai medium-density devices (64 Kbytes). Pada catatan terdahulu tentang Maple Mini, sebenarnya μC STM32103C8T6 inilah yang dipergunakan sebagai inti di sistem itu.

Kedua papan sistem mikrokontroler itu saya beli dari salah satu penjual di Tokopedia, Toko Bey. Saya tidak berafiliasi atau bahkan mengenal pemilik toko online tersebut, tetapi salah satu yang menyenangkan adalah bahwa penjualnya memberikan beberapa tutorial yang sangat membantu bagi pemula untuk mengenal produk yang dijual. Di saat customer education masih sekedar jargon, praktik seperti itu tentu sangat terpuji. Saya sangat berharap investasi waktu dan tenaga dalam mempelajari suatu arsitektur prosesor baru akan mencapai manfaat yang lebih kuat karena ketersediaan pasokan alat/perangkat terjamin. Sungguh berharap para merchant akan cukup punya “nafas” dan pasar untuk tetap berjualan mikrokontroler dangan arsitektur ARM seperti ini dengan harga yang cukup terjangkau.

Nah salah satu keperluan yang penting saat suatu barang seperti ini datang adalah cara melakukan uji coba kondisi barang, setidaknya untuk beberapa bagian (parsial). Apalagi jika baru akan belajar mempergunakannya, perlu sesuatu yang bisa dipergunakan dengan cepat. Nah di sinilah peran STM32duino. STM32duino adalah upaya untuk memungkinkan (beberapa) mikrokontroler anggota keluarga STM32 untuk dapat diprogram dengan mengunakan Arduino IDE melalui penambahan pustaka.

Hubungan/koneksi antara ST-Link v2 [ compatible ] (semua di satu sisi header) dengan papan STM32F103C8T6:

ST-LINK V2   Papan STM32F103C8T6
SWCLK >> DCLK
SWDIO >> DIO
GND >> GND
3.3V >> 3.3V

 

 

 

wp-1471525805456.jpegGambar 1.

Cara ini juga mempermudah upaya prototyping, bukan hanya untuk belajar tetapi juga untuk menguji dan menyusun ide-ide secara lebih cepat. Setelah itu baru kemudian diperbaiki dalam hal efektifitas dan efisiensi program/sistem.

stm32f103c8t6Gambar 2.

Cara lain akan dimuat pada tulisan di lain waktu.

 

Leave a Comment