Tambahan keterangan untuk operasi DMM

Jika DMM (Digital Multimeter) tidak dipegunakan dalam selang waktu tertentu, maka biasanya akan mati dengan sendirinya (auto-off). Sudah cukup banyak DMM yang memiliki fasilitas ini untuk meningkatkan efisiensi penggunaan sumber daya energi yang umumnya berasal dari sel/baterai. Setelah DMM dalam kondisi sleep, untuk mengaktifkannya kembali antara lain bisa dengan cara mengubah posisi selektor. Tetapi cara lain yang lebih mudah adalah dengan menekan tombol select (penanda 1) pada DMM Sanwa yang berwarna hijau atau penanda 2 pada DMM Fluke yang berwarna kuning di Gambar 1.

Gambar 1.

Pada DMM Sanwa, indikator tipe tegangan bisa dilihat di posisi pada penanda 3 (sedang menunjukkan mode  pengukuran tegangan AC). Sedangkan untuk DMM Fluke mode operasi dapat dilihat di penanda 4 di Gambar 1. 

Penanda 5 dan penanda 6 menunjukkan posisi selector untuk menentukan mode operasi DMM. Di tiap posisi selector terdapat beberapa pilihan operasi yang spesifik. Untuk pemilihan dilakukan dengan menggunakan tombol di penanda 1 dan/atau penanda 2 untuk masing-masing DMM. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *